Tiga elemen utama dalam Intellectual Capital

Human Capital (modal manusia)

Structural Capital atau Organizational Capital (modal organisasi)

Relational Capital


Human Capital (modal manusia)

Human capital merupakan innovation dan improvement yang mencerminkan kemampuan kolektif perusahaan untuk menghasilkan solusi terbaik berdasarkan pengetahuan yang dimiliki oleh orang-orang yang ada dalam perusahaan.

v   Human capital juga akan meningkat jika perusahaan mampu menggunakan pengetahuan yang dimiliki oleh karyawannya baik itu keterampilan dan kompetensi dalam suatu organisasi atau perusahaan.

Structural Capital atau Organizational Capital (modal organisasi)

Structural Capital merupakan kemampuan organisasi atau perusahaan dalam memenuhi proses rutinitas perusahaan dan strukturnya yang mendukung usaha karyawan untuk menghasilkan kinerja intelektual yang optimal serta kinerja bisnis secara keseluruhan.

Seorang individu dapat memiliki tingkat intelektualitas yang tinggi, tetapi jika organisasi memiliki sistem dan prosedur yang buruk maka intellectual capital tidak dapat mencapai kinerja secara optimal dan potensi yang ada tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal.

Relational Capital

Relational Capital merupakan hubungan yang harmonis/association network yang dimiliki oleh perusahaan dengan para mitranya dan merupakan komponen modal intelektual yang memberikan nilai secara nyata.